Indonesia Sudah Punya Seven Summiter (Congratulation ISSEMU MAHITALA UNPAR!)

Akhirnya, Indonesia bergabung dengan 52 negara lain yang telah mencatatkan diri sebelumnya di sebuah ajang bergengsi dunia petualangan internasional. Melalui press release resmi  tim ISSEMU MAHITALA UNPAR di Facebook (http://www.facebook.com/note.php?note_id=177335412328935) dan audio post di situs  milik Alpine Ascents International (http://www.alpineascents.com/denali-cybercast.asp) dapat dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi negara ke-53 di list Seven Summits. Sesuai laporan audio yang diposting tanggal 8 Juli 2011 di situs yang disebutkan terakhir, tim 14 (tim ISSEMU MAHITALA UNPAR) telah berada kembali di High Camp setelah turun dari puncak.

Tak pelak lagi, keberhasilan ini otomatis menutup dengan manis perjuangan tak kenal lelah dari Sofyan Arief Fesa (28), Xaverius Frans (24), Broery Andrew (22), dan Janatan Ginting (22) sejak tahun 2009.  Sebelumnya, mereka telah sukses berturut-turut di Carstenz Pyramid di Indonesia (tertinggi di Australia-Oceania) pada 23 Januari dan 26 Januari 2009, Kilimanjaro di Tanzania (tertinggi di Afrika) pada 10 Agustus 2010, Elbrus di Rusia (tertinggi di Eropa) pada 24 Agustus 2010, Vinson Massif (tertinggi di Antartika) pada 13 Desember 2010, Aconcagua di Argentina-Chile (tertinggi di Amerika Selatan) pada 9 Januari dan 29 Januari 2011 serta Puncak tertinggi di Asia (juga di dunia) Mt. Everest di Nepal-China pada 20 Mei 2011. Keberhasilan ini juga telah membuka lembaran sejarah baru bagi dunia pendakian gunung nasional khususnya pada "track" Seven Summits setelah dirintis dua dekade lalu oleh petualang legendaris Indonesia, Norman Edwin. Keempat anak muda tersebut akan segera bergabung dengan 275 Seven Summiter lain  dari berbagai negara.

"Terimakasih atas pelbagai dukungan dan doa dari teman-teman, sehingga pada hari ini (7 Juli 2011 waktu Alaska), Ian, Frans, Broery, Atan, berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak ketujuh yakni Denali. Jayalah Indonesia Raya!," kata Mario Julios, Manajer tim ISSEMU seperti dirilis Kompas.com pada tanggal 8 Juli 2011. 
Denali/McKinley (6195 m), puncak terakhir rangkaian 7 Summits ISSEMU MAHITALA UNPAR
Dari sisi olah raga, pemerintah nampaknya harus menaruh perhatian khusus atas prestasi ini. Sebab, selain tim ISSEMU MAHITALA UNPAR, masih terdapat sedikitnya tiga tim lain yang sementara berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Setidaknya, keberhasilan-keberhasilan mereka nanti bisa membawa angin segar bagi dunia olah raga nasional yang akhir-akhir ini minim prestasi.

Akhirnya, kru zonapetualang.com mengucapkan Selamat dan Sukses untuk MAHITALA UNPAR dan Tim ISSEMU atas persembahan besarnya kepada bangsa kita. Doa dan dukungan juga diharapkan dari seluruh bangsa untuk Tim Wanadri, Mapala UI dan Federasi Mountaineering Indonesia yang sementara terus berjuang untuk mengharumkan nama bangsa. Jayalah Indonesiaku!

Tribute to:
- Norman Edwin & Didiek Samsu
- Pat Morrow
- Tim ISSEMU MAHITALA UNPAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar